Yuk Mengenal Lebih Dekat Dengan Deposito Valas

Ilustrasi investasi uang

Tahukah anda bahwa bentuk investasi yang cukup aman yang ada saat ini salah satunya yaitu deposito. Nah, perubahan nilai tukar uang yang memang tidak menentu telah membuat kebanyakan orang suka melakukan investasi ke dalam bentuk valas. Nah, untuk membahas lebih jauh mengenai deposito valas, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Deposito Valas?

Ya, tidak berbeda seperti deposito konvensional, tentunya deposito valas mempunyai aturan hingga sistem yang sama, yang mana menyimpan uang di bank dengan jangka waktu tertentu serta tidak dapat diambil sebelum masa jatuh tempo. Nah, sebagai imbalannya, maka pihak bank nantinya memberikan suku bunga yang tinggi kepada nasabah. 

Untuk perbedaannya sendiri terletak di mata uang yang disimpan ke dalam deposito. Yang mana deposito valas hanya akan menerima dana yang berbentuk mata uang asing, misalnya JPY, SGD, EUR, HKD, GBP, USD, hingga mata uang asing yang lainnya sesuai dari ketentuan bank. 

Umumnya suku bunga yang disajikan oleh deposito valas lebih rendah jika dibandingkan dengan deposito rupiah. Selain itu, deposito valas bisa dimiliki baik oleh perusahaan hingga perseorangan dengan jangka waktu yang sangat fleksibel.

Apa Manfaat Deposito Valas?

Deposito valas secara umum adalah instrumen investasi untuk nasabah, seperti halnya dengan deposito konvensional. Namun ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh deposito valas yang ternyata tidak dimiliki deposito konvensional. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Terbebas dari Biaya Administrasi

Nah, sama seperti deposito konvensional, bank biasanya akan memberikan kebebasan dari biaya administrasi lho kepada pemilik deposito. Tentu saja hal ini dapat menguntungkan anda karena dana yang telah anda letakkan akan tetap utuh, dengan begitu keuntungannya pun akan menjadi lebih besar.

  1. Suku Bunga yang Berupa Valas

Nah, seperti prinsip deposito yang ada pada umumnya, anda akan menerima keuntungan melalui suku bunga ketika terjadinya jatuh tempo. Walaupun suku bunga yang terdapat pada deposito valas lebih kecil jika dibandingkan dengan deposito Rupiah, namun anda akan tetap merasakan keuntungannya dengan bentuk valas juga. Jika sudah begini, tentunya nilai tukarnya akan lebih stabil serta menguntungkan anda sebagai nasabah.

Yang jelas keinginan orang ketika melakukan investasi memang sering terhalang karena mereka takut mengalami kerugian. Jika anda merupakan tipe orang tersebut, tentunya memanfaatkan deposito untuk berinvestasi dapat dijadikan sebagai jalan keluar terbaik. 

Sebagai salah satu bentuk dari investasi yang paling aman, tentu saja anda tidak perlu khawatir atau takut untuk merugi. Terlebih lagi keuntungan yang bisa anda peroleh ketika menggunakan deposito valas adalah bisa terlindung oleh fluktuasi dari nilai tukar Rupiah, dengan begitu uang anda akan lebih stabil. 

Posted on: November 18, 2021, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *