Definisi, Fungsi, dan Manfaat Penggunaan Atap Bondek

Istilah atap bondek mungkin tidak sering didengar oleh orang awam

Istilah atap bondek mungkin tidak sering didengar oleh orang awam. Namun bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi atau saat ini sedang berencana dan dalam proses pembangunan rumah, kata bondek mungkin akan lebih sering didengar. Secara umum, bondek merujuk pada suatu jenis material yang terbuat dari baja ringan. Desainnya biasanya bergelombang. Untuk fungsi, bondek digunakan sebagai pelapis bagian bawah beton cair.

Di masa lalu, untuk pelapis beton cair, orang-orang biasanya menggunakan papan atau triplek. Namun, karena dirasa kurang kuat, maka, bondek digunakan. Selain itu, proses pengkonversian beton menggunakan bondek juga membuat proses pembuatan atap menjadi lebih hemat dan efisien dengan resiko yang minimal. 

Kekuatan bondek salah satunya terletak pada komposisi material yang digunakan. Dalam Bahasa Inggris, jenis atap ini dikenal pula dengan sebutan steel deck, terbuat dari bahan utama berupa plat baja dan dilapisi oleh zinc atau seng. Lapisan seng, selain menjadikan bondek jauh lebih kuat juga berfungsi untuk mencegah proses pengaratan. Jenis atap ini didesain dengan liners serta gelombang yang berfungsi untuk memperkuat struktur. Menariknya, pada lipatan atap bondek, terdapat lapisan galvanis yang ditambahkan dengan sistem celup untuk menjadikannya lebih tahan lama.

Bondek vs. Zinc Spandex

Karena memiliki struktur material serta tampilan yang hampir sama, Anda mungkin sering mengalami kesulitan dalam membedakan atap jenis bondek dan zinc spandex. Bondek cenderung memiliki struktur yang lebih kokoh. Hal ini karena atap ini lebih difungsikan sebagai media untuk memperkuat konstruksi bangunan. Sementara itu, meskipun zinc spandex juga cukup kuat, namun dalam hal ketahanan dan kekokohan, kualitasnya masih di bawah bondek.

Perbedaan yang kedua adalah dalam hal fungsi. Bondek digunakan pada lantai bangunan bertingkat, khususnya pada lantai kedua dan seterusnya. Sementara itu, Zinc Spandex digunakan untuk atap paling atas. Oleh karena itu, wajar jika bondek lebih kuat karena digunakan untuk menahan beban diatasnya. Penggunaan bondek sangat efektif untuk mempersingkat durasi pengerjaan. Selain itu, atap bondek juga membantu Anda untuk menghemat biaya konstruksi hingga 30%.

Posted on: February 20, 2021, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *