Jangan Memilih Pabrik Hand Sanitizer Yang Abal-Abal

pabrik hand sanitizer

Pabrik hand sanitizer – Di tengah mewabahnya Covid-19, menjaga kebersihan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Untuk itu, mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer patut dipertimbangkan guna mencegah infeksi virus tersebut. Hand sanitizer kini menjadi produk yang paling dicari di berbagai toko. Bahkan tak jarang barang-barang yang mengandung alkohol juga menjadi buruan banyak orang. Alhasil beberapa orang juga rela menggunakan hand sanitizer kadaluarsa dengan harapan cairan tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Apakah Berbahaya Menggunakan Hand Sanitizer Kadaluarsa?

Hand sanitizer sebagai alat pelindung diri wajib memiliki tanggal kadaluarsa. Untuk standar kadaluarsa produk hand sanitizer biasanya 2-3 tahun dari tanggal produksi. Perlu diketahui, alkohol dalam hand sanitizer menjadi salah satu zat yang mudah menguap saat terkena udara. Terlebih bila Anda sering membuka botol hand sanitizer tentu penguapan alkoholnya semakin cepat terjadi. Hal ini tentu tidak baik karena bahan aktif (alkohol) dalam hand sanitizer akan menurun sehingga kemampuannya dalam membunuh virus akan semakin berkurang. Dari penjelasan ini, penggunaan hand sanitizer kadaluarsa sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja khasiatnya akan menghilang seiring berjalannya waktu. Sehingga tidak bisa digunakan untuk mencegah penyebaran virus maupun bakteri. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan hand sanitizer dari pabrik yang belum lewat tanggal kadaluarsanya agar tetap ampuh membunuh bakteri dan virus.

Cara Memilih Hand Sanitizer Dari Pabrik

Saat ini ada banyak sekali pabrik hand sanitizer yang mengeluarkan berbagai produk pelindung diri dengan komposisi yang berbeda-beda. Untuk itulah, penting bagi Anda mengetahui cara memilih hand sanitizer dari pabrik agar tetap optimal ketika digunakan.

  • Pilihlah hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol 60%-90%. Sebab bila Anda memilih kandungan alkohol dibawah 60% maka tidak akan optimal membasmi virusnya. Selain itu, bila Anda menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol diatas 90% maka tidaka akan baik untuk kesehatan kulit karena dapat membuat kulit menjadi iritasi.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsanya, menggunakan hand sanitizer yang sudah expired memang tidak membahayakan kesehatan tapi khasiatnya yang akan berkurang. Untuk itu, bila Anda ingin lebih optimal melindungi diri dari penyebaran Covid-19, sebaiknya Anda menggunakan hand sanitizer yang belum melewati tanggal kadaluarsanya.
  • Perhatikan nomor registrasi dengan kode PKD atau PKL dari Kementerian Kesehatan RI. Nomor registrasi ini wajib diperhatikan, sebab setiap pabrik hand sanitizer yang memperjual belikan produknya harus terlebih dahulu mendaftar di Kemenkes agar lebih terjamin khasiat dan manfaatnya sebelum diedarkan ke pasaran. Selain itu, pastikan formula hand sanitizer sudah sesuai dengan anjuran dari WHO.

Itulah beberapa ulasan singkat terkait hand sanitizer. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat berguna dan menjadi panduan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar pabrik hand sanitizer.

Posted on: November 11, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *