Tahapan Langkah Membeli Reksadana Di Bank

beberapa langkah yang perlu kita ketahui dalam cara membeli reksadana

Bagaimana cara membeli reksadana di bank? Ada beberapa tahapan langkah mudah yang dapat Anda ikuti dan lakukan untuk membeli reksadana. Ingin tahu bagaimana caranya? Simaklah uraian singkatnya berikut ini : 

  1. Pencarian bank terbaik 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membeli investasi reksadana adalah memilih bank terbaik dan tepat. Dalam hal ini Anda dapat melakukan pencarian bank melalui sistem online. Dengan demikian Anda pun dapat membandingkan kelebihan antara investasi di bank yang satu dengan bank lainnya. Selain bank, ada pula manajer investasi yang juga memberikan tawaran untuk pembelian reksadana. Namun untuk hal yang satu ini sebaiknya Anda perhatikan bagaimana sistem investasi reksadana yang dimilikinya. Sehingga Anda pun dapat menentukan pilihan investasi reksadana dengan lebih tepat. 

Selain pencarian melalui sistem online, Anda juga dapat bertanya pada keluarga, teman atau bahkan kerabat yang pernah melakukan pembelian reksadana melalui bank. Cara tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi dengan lebih mudah. Namun jika Anda tidak memiliki masukan yang tepat, maka lakukanlah pemilihan bank dengan melihat bank itu sendiri atau pilihlah bank yang telah memiliki nama dan terpercaya.  

  1. Memahami prospektus 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memahami prospektus. Pasalnya prospektus itu sendiri berisi beragam informasi yang berkaitan dengan reksadana yang akan Anda beli. Dengan memahami prospektus, maka secara tidak langsung Anda pun tengah mencari tahu dan membaca panduan dari investasi reksadana itu sendiri. 

  1. Menentukan produk reksadana

Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih produk reksadana yang akan Anda beli dan gunakan. Dalam hal ini, reksadana membagi produk menjadi dua bagian yaitu reksadana konvensional serta reksadana terstruktur. 

Reksana konvensional terdiri dari : 

  • Pendapatan tetap
  • Pasar uang
  • Saham 
  • Campuran

Sedangkan reksadana terstruktur terdiri dari : 

  • Indeks
  • Penjaminan 
  • Terproteksi 
  1. Mulai datang ke bank

Setelah melakukan beberapa tahap di bagian atas tadi, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mulai mendatangi bank. Namun sebelum datang ke lokasi, pastikan untuk mempersiapkan beragam jenis dokumen penting yang mungkin dibutuhkan. Seperti halnya ktp, npwp atau beragam jenis dokumen penting lainnya. Setelah itu barulah Anda berbicara pada customer service terkait masalah pembelian reksadana yang Anda inginkan. 

  1. Membuat portofolio

Sebelum menjadi investor yang melakukan pembelian investasi reksadana, pastikanlah untuk mengisi formulir serta portofolio terlebih dahulu. Portofolio adalah profil Anda selaku pihak yang hendak membeli investasi reksadana. Portofolio menjadi bagian penting yang harus Anda persiapkan, karena dengan keberadaannya maka manajer investasi pun dapat menentukan dengan lebih pasti kemana alokasi dana investasi yang sebaiknya Anda gunakan dan terapkan. 

  1. Transfer dana 

Jika beberapa langkah di bagian atas tadi telah Anda lakukan dengan pasti, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah transfer dana. Pastikanlah untuk melakukan transfer dana sesuai dengan jumlah atau nominal yang telah disetujui dengan pihak manajer investasi. Hal ini berkaitan dengan keberadaan dana itu sendiri yang nantinya akan dikelola oleh pihak manajer investasi.  

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa langkah tepat cara membeli reksadana di bank. 

Posted on: April 22, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *