Selain Keuntungan Investasi Emas, Inilah Kekurangannya!

keuntungan investasi emas

Sebagian orang menganggap bahwa investasi emas sangat menguntungkan sehingga tidak mencari tahu kekurangan yang bisa ditimbulkan dari kegiatan tersebut. Berikut ini Anda akan diberitahu bahwa tidak hanya keuntungan investasi emas saja yang perlu diperhatikan, inilah beberapa kekurangannya!

  1. Risiko Kehilangan

Emas adalah barang berharga sehingga kekurangan dari emas salah satunya adalah kehilangan. Tentunya hal ini terjadi apabila Anda tidak menyimpannya di tempat yang layak dan aman. Kejadian tersebut juga bisa diakibatkan karena Anda mengenakan emas sebagai perhiasan dan pastinya dikenakan saat bepergian ke mana saja. Anda dapat menarik perhatian mereka yang punya niat jahat. 

Jika Anda ingin berinvestasi emas untuk masa depan, maka sebaiknya pilihlah tempat terpercaya untuk menyimpan emas Anda. Jangan pernah berpikir bahwa rumah adalah tempat yang aman karena sejatinya rumah adalah tempat berbahaya karena bisa kemalingan. Bingung mau simpan di mana? Tenang, Anda bisa simpan emas untuk investasi di bank terpercaya. Tempat seperti bank dan penyedia jasa serupa lainnya merupakan yang paling tepat karena mereka telah memiliki jaminan keamanan. 

  1. Kenaikan Harga Lambat

Harga emas yang stabil memang membawa keuntungan bagi investornya. Namun hal ini tentu tidak menguntungkan bagi investasi jangka pendek. Bayangkan saat Anda membeli emas harganya tidak jauh berbeda saat Anda menjualnya kembali. Padahal jarak waktu jual ke beli tersebut tidak jauh, misalnya sebulan. Hal inilah yang dimaksud kenaikan harga emas berjalan lambat dan cenderung merugikan bagi investasi jangka pendek. Jadi emas lebih sesuai untuk Anda yang ingin investasi jangka panjang. 

  1. Harga Fluktuatif

Keuntungan investasi emas diperoleh jika harga emas naik, namun sialnya Anda apabila ketika dibutuhkan harga emas malah turun. Hal tersebut biasanya dapat diakibatkan oleh kondisi perekonomian negara. Apabila perekonomian negara sedang baik maka harga emas otomatis naik meskipun tidak terlalu tinggi, sebaliknya apabila kondisi ekonomi negara tidak dalam keadaan baik maka bukan hal mustahil harga emas juga turun. 

  1. Selisih Harga Jual dan Beli

Apabila Anda memutuskan untuk investasi emas, maka harusnya Anda bersiap-siap dengan selisih harga jual dan beli logam mulia tersebut. Saat membeli emas untuk dijual kembali, maka harga akan dipotong sekitar 5-10%. Hal tersebut tentunya harus disesuaikan juga dengan kurs harga emas pada hari penjualan. Jadi, beruntung jika harga emas sedang naik, namun celaka apabila emas sedang berada di bawah harga wajar. 

Terlepas dari semua kekurangan yang diperoleh, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan investasi emas dalam jangka waktu yang panjang. Hitung-hitung buat tabungan masa depan. Apabila emas sudah terkumpul banyak, maka Anda bisa membeli properti sebagai bentuk barang investasi lainnya.

Posted on: April 21, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *