Memahami Bagian – Bagian Penting dari Sebuah Mesin Deep Fryer Gas

dapur

Jual deep fryer gas saat ini sudah banyak dilakukan banyak pihak karena alat tersebut adalah satu dari banyak perangkat memasak yang sangat berguna khususnya dalam lingkup komersial. Gerai – gerai restoran cepat saji biasanya bergantung pada perangkat yang satu ini dalam menyiapkan berbagai menu yang disajikan. Sebut saja kentang goreng yang renyah dengan kelembutan bagian dalamnya dan juga tentu ayam goreng berbalut tepung yang tidak kalah renyah naming tetap tidak kering bagian dalamnya. Kedua makanan tersebut sudah tentu merupakan hasil pengolahan menggunakan deep fryer dengan cara yang sangat tepat dan pas. Tentu siapa saja bisa menggunakan mesin atau perangkat ini asalkan memang dipahami dahulu bagian – bagian utamanya dan cara menggunakannya.

Bagian utama dari sebuah deep fryer tentu adalah fry pot atau dalam bahasa awamnya disebut sebagai tangki atau juga ruang penggorengan. Bagian ini dibuat dari material stainless steel yang disana masih terbagi lagi menjadi dua area yaitu cooking zone dan juga cold zone. Dalam bagian ini terdapat juga semacam jaring yang difungsikan untuk meletakkan bahan makanan yang baru akan diolah dalam deep fryer. Cooking zone itu sendiri adalah area dimana bahan makanan diolah yang berarti minyaknya siap sedia dalam suhu yang sudah disesuaikan untuk mengolah bahan makanan tertentu. Sementara itu dalam cold zone suhu minyaknya lebih rendah yang biasanya area ini dipergunakan sebagai tempat meletakkan bahan makanan yang hangus yang juga menghemat penggunaan minyak.

Kemudian dalam sebuah mesin deep fryer gas terdapat yang namanya area heat source atau sumber panas. Tentu pada sebuah perangkat gas heat sourcenya akan berada di luar perangkat itu sendiri karena berasal dari tabung gas terpisah. Salah satu trik yang sudah diaplikasikan pada berbagai produk deep fryer dengan bahan bakar gas adalah infrared burner. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan gas sebagai bahan bakarnya. Penting untuk selalu menjaga kondisi alur heat source ini khususnya yang berbahan bakar gas agar fungsi dari deep fryer tetap maksimal. Perlu diketahui juga bahwa ada deep fryer yang tidak menggunakan gas sebagai heat sourcenya namun menggunakan listrik dengan induksi elektrik yang menghemat listrik selama perangkat digunakan. Tentunya pihak penjual deep fryer gas memahami tentang hal ini.

Satu lagi bagian penting dari sebuah deep fryer yang perlu dipahami karena berhubungan langsung dengan fungsinya adalah thermostat. Bagian ini berfungsi mengatur dan mengubah suhu minyak dalam deel fryer. Hal ini memastikan suhu minyak secara keseluruhan akan stabil sehingga bahan makanan akan matang secara merata. Selain itu bagian ini juga berfungsi mencegah kemungkinan terjadinya bahan makanan hangus karena suhu yang terlalu tinggi. Thermostat perlu diatur dahulu sedemikian rupa pada awal pemakaian sebelum mesin deep fryer gas difungsikan. Para pihak yang menjual deep fryer gas tentunya akan memberikan konsultasi pada Anda mengenai produk tersebut.

Posted on: February 29, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *