Perosotan Anak, Permainan Favorit Anak

jual perosotan anak indoor

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan sangat aktif bergerak selalu ingin memiliki dan menggunakan serta mencoba berbagai alat permainan. Salah satu permainan yang menjadi favorit anak-anak itu adalah jual perosotan anak indoor. Namun selama anak-anak bermain dengan jual perosotan anak indoor itu tetap selalu perlu diawasi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terlukanya anak karena terjatuh atau terjepit pada saat bermain perosotan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua pada saat anak-anak bermain perosotan anak tersebut.

Perhatikan Kondisi Perosotan Anak

Pertama-tama cek kondisi mainan perosotan anaknya yang akan dimainkan, apakah masih dalam kondisi yang baik, tidak rusak dan masih layak pakai atau tidak. Cek kekuatannya jika dibandingkan dengan berat badan anak. Cek juga apakah ada cat yang terkelupas atau tidak, yang bisa saja tak sengaja tertelan oleh anak-anak dan akan menimbulkan bahaya. Cek juga apakah ada benda runcing dan kasar pada seluncuran maupun di anak tangganya yang bisa saja membuat anak menjadi terluka, dan juga penting untuk memilih alat permainan perosotan anak yang sesuai dengan usia sang anak, sehingga tidak akan menimbulkan cedera pada tubuh dan terutama pada alat motoriknya pada saat bermain perosotan. Karena setiap alat permainan perosotan anak itu pada dasarnya sudah dirancang sesuai dengan ukuran tubuh tiap anak sesuai dengan usia masing-masing guna memudahkan pada saat penggunaannya dan juga supaya bisa efektif dan optimal untuk melatih alat motorik anak, yakni terutama pada organ tubuh bagian lengan, tangan dan juga kakinya.

Awasi Pada Saat Anak Bermain Perosotan Anak

Melalui perosotan anak ini orangtua juga bisa sekaligus mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai disiplin dan juga toleransi dan emphati kepada anak. Itulah pentingnya untuk selalu mengawasi anak pada saat sedang bermain. Langsung tegur anak jika anak tidak sabar dan tidak mau antri serta mau menyerobot antrian ketika mau bermain perosotan anak ini. Jelaskan kepada anak mengenai pentingnya untuk disiplin mengantri dan juga bertoleransi itu serta juga mengenai penting dan hikmahnya bersabar menunggu antrian pada saat mau bermain perosotan yang banyak diminati oleh anak-anak yang lain juga. Langsung tegur dan larang anak juga ketika anak mau menaiki perosotan dari papan luncurannya, bukan melewati anak tangga di belakangnya, karena hal tersebut dapat membahayakan dan bisa membuat anak terjatuh, juga akan membuat anak menjadi tidak disiplin mengantri menaiki anak tangga dari bagian belakang perosotan anak bersama dengan anak-anak yang lainnya.

Perhatikan Kondisi Sekitar Perosotan Anak

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah juga memperhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat perosotan anak tersebut. Sekalipun perosotan anak tersebut berada di dalam ruangan secara indoor namun kadang ada alat permainan anak jenis lainnya yang dirancang menjadi satu atau diletakkan berdekatan dengan alat permainan perosotan anak tersebut. Cek apakah hal tersebut tidak menghalangi gerakan dan tubuh anak pada saat meluncur dan berdiri saat sampai dibawah maupun juga ketika anak sedang menaiki anak tangganya, pastikan bahwa tidak ada benda-benda lain di sekitar yang dapat mengganggu dan bisa melukai anak, terutama jika di luar ruangan atau indoor, seperti juga apakah tidak ada ranting pohon yang melintang atau menjorok ke arah alat permainan perosotan anak ini, atau batu yang bisa membuat anak terantuk atau terjegal dan terjatuh, atau butiran pasir atau tanah atau lantai yang licin yang bisa membuat anak terjatuh dan lain sebagainya.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan  saat anak bermain jual perosotan anak indoor yang menjadi alat permainan yang favorit.

Posted on: September 6, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *