Komponen Utama Genset yang Perlu Diketahui

komponen genset

Genset sudah menjadi perangkat yang banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Alat ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan listrik cadangan ketika terjadi pemandangan listrik dari PLN sehingga pihak seperti distributor genset Semarang mulai banyak bermunculan. Generator Set atau yang sering dikenal dengan sebutan genset merupakan sebuah perangkat atau mesin yang terdiri dari generator dengan mesin penggerak disusun menjadi satu untuk menghasilkan listrik dengan besaran tertentu.

Generator atau mesin pembangkit kerja ini adalah alat penghasil listrik. Generator pada genset biasanya berupa motor untuk melakukan pembakaran internal misalnya mesin diesel yang bekerja menggunakan solar. Prinsip kerja generator tersebut adalah mengubah energi kinetic (gerak) menjadi energi listrik. Untuk memahami cara kerja genset Semarang dalam memenuhi kebutuhan listrik, berikut adalah beberapa bagian komponen utama genset.

Mesin

Mesin merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah energi kalor menjadi energi mekanik. Panas yang dikonversi menjadi energi mekanik diperoleh dari pembakaran solar, bensin, atau gas alam. Mesin genset itu sendiri terdiri dari beberapa tipe berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan yakni mesin diesel yang menggunakan solar, mesin bensin yang menggunakan bensin, dan mesin gas yang memakai bahan bakar gas.

Generator

Generator merupakan bagian genset Semarang yang berperan mengubah energi mekanik dari mesin menjadi energi listrik. Jika mesin digunakan untuk mengubah energi panas dari pembakaran solar, bensin, atau gas alam menjadi energi mekanik, generator bertugas melanjutkan proses tadi dengan mengubah energi mekanik menjadi listrik. Listrik dari generator berupa voltase dan frekuensi tertentu yang akan digunakan  untuk mengatasi kebutuhan listrik Anda. Distributor genset Semarang tentunya perlu mengetahui info dasar seperti ini.

Panel

Panel adalah pusat kontrol genset. Panel terdiri dari beberapa komponen yaitu kontrol, auto, pengaman, dan meter. Kontrol berfungsi untuk mengatur output genset yang umumnya menggunakan besaran ampere, voltase, dan frekuensi. Pengaman berfungsi sebagai pelindung genset dengan mematikan genset secara otomatis jika terjadi kelebihan temperatur, kehabisan air radiator, atau kekurangan tekanan oli. Auto berfungsi mematikan atau menyalakan genset secara otomatis yang sering dipasangkan dengan rangkaian lain. Sedangkan meter adalah alat untuk membantu pengguna memperoleh informasi mengenai pemakaian genset seperti suhu, RPM, tekanan oli, air, dan informasi penting lainnya. Sebelum Anda membeli genset, tentunya Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan distributor genset Semarang maupun daerah lainnya.

Posted on: August 25, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *