Pengertian Konstruksi Kuda-Kuda Pada Atap Baja Ringan dan Kelebihannya

Konstruksi kuda-kuda atap baja ringan

Konstruksi kuda-kuda atap baja ringan ialah sebuah susunan rangka yang berperan sebagai penopang bean atap sekaligus bisa memberikan bentuk atap rumah. Struktur kuda-kuda termasuk dalam struktur framework. Material kuda-kuda sendiri ada yang terbuat dari bahan bambu, beton bertulang, kayu, hingga baja.

Adapun fungsi konstruksi kuda-kuda itu sendiri ialah untuk menahan dan menerima beban yang berasal dari atap, seperti beban angin, air hujan, plafon, genteng, list plank dan reng usus, serta beban yang berasal dari konstruksi kuda-kuda tersebut itu sendiri. Awalnya material kuda-kuda pada atap rumah menggunakan material kayu, akan tetapi semakin sulitnya mendapatkan kayu berkualitas dan harganya yang semakin mahal, kini material kuda-kuda sudah mulai beralih ke baja ringan atau material zincalum.

Pemasangan Kuda-Kuda Atap Baja Ringan

Material baja ringan sebagai bahan pemasangan kuda-kuda dikenal juga dengan sebutan kanal C, yakni sebagai bahan dalam perakitan kuda-kuda, sementara reng sendiri sebagai bahan pada rangka atap. Baik reng maupun kanal C diproduksi dengan ketebalan dan ukuran yang bervariasi. Inilah yang wajib diperhatikan jika hendak memakai material atap yang bersifat lebih berat seperti genteng.

Hal yang tak kalah penting dalam pemasangan kuda-kuda adalah jarak antara kuda-kuda itu sendiri. Jarak maksimal yang dianjurkan ialah 120 cm. Ini dilakukan supaya reng tidak sampai melendut akibat tidak bisa menahan atap genteng. Untuk memasang kuda-kuda atap baja sendiri membutuhkan beberapa peralatan, mulai dari sekrup, braket L, hingga talang zincalum.

Fungsi braket L untuk meletakkan kuda-kuda pada ring balok. Kemudian sisi bawa braket dari bahan galvanis tersebut dibatukan ke dalam ring balok menggunakan dinabolt, sementara pada sisi vertikalnya sendiri dilekatkan pada kuda-kuda menggunakan sektrup. Penggunaan talang zincalum sendiri diperlukan jika model atapnya memiliki jurai dalam. Biasanya dibutuhkan apabila atap rumah yang digunakan berbentuk limas.

Ada beberapa kelebihan memakai kuda-kuda atap baja ringan, seperti lebih cepat proses pengerjaannya. Jika dibandingkan memakai kayu, pekerjaan rangka pada atap baja ringan ini lebih cepat karena selain bobotnya lebih ringan, juga tak membutuhkan sambungan-sambungan secara khusus seperti pada pekerjaan kuda-kuda berbahan kayu.

Posted on: July 12, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *